Sunday, November 9, 2008

2.1.1 Kenali Level Energi Anda (Persiapan bagian 2)

Bagaimana perjalanan hidap Anda hari ini? Bagaimana stamina Anda hari ini? Apakah pada sore hari sepulang kerja Anda sangat capek atau biasa-biasa saja atau malah masih sangat segar & tetap bertenaga? Mengapa kadang-kadang sepulang kerja saya bisa sangat capek tapi kadang-kadang juga masih segar bugar? Atau malah saat ini Anda sedang tergolek sakit dirumah?

Semua yang berhubungan dengan stamina atau kesehatan ( bahkan mungkin juga rejeki ?) sangat tergantung dengan level energi kita hari itu dan level energi rata-rata seumur hidup kita. ( Ah... bikin makin bingung aja.... trus apa sih hubungannya dengan dunia blog? Artikel yang aneh....) Cool man .....

Begini sodara-sodara.....

Setiap manusia mempunyai level energi yang berbeda-beda. Level energi dipengaruhi oleh emosi kita. Semakin tinggi level energi kita semakin bagus stamina dan kesehatan kita ( termasuk rejeki kita?). Jadi kalo hari itu level energi kita bisa kita pertahankan agar cukup tinggi maka hari itu stamina dan kesehatan kita akan prima, segar bugar, dan fit tetapi sebaliknnya bila hari itu level energi kita rendah maka hari itu kita merasa sangat capek, loyo, lemes, lesu dan mungkin bisa menjadi sakit. Jangan lupa juga ada level energi gabungan yaitu level energi total manusia yang dirata-rata seumur hidup mulai dia lahir hingga saat ini. Gampangnya orang yang sehat, segar, bertenaga, mempunyai level energi total yang tinggi sedangkan orang yang sakit-sakitan ( bahkan mungkin juga sedang sakit parah saat ini) punya level energi yang rendah secara keseluruhan.

Saya umpamakan tubuh kita seperti tandon air dimana kita bisa mengisinya dan bisa membuangnya. Cara mengisi dan membuangnya juga bisa dengan debit / kecepatan yang kecil (nambah/bocor alus) bisa juga dengan debit / kecepatan yang tinggi (nambah/bocor yang sangat besar).

Ingat!! level energi dipengaruhi oleh emosi kita. Berikut saya urutkan emosi yang menyebabkan energi kita bocor dari yang paling alus ke yang paling menyebabkan kebocoran besar yaitu : bangga, marah, keinginan kuat, kuatir, kesedihan mendalam, apatis, rasa bersalah, rasa malu. Artinya kalo kita bangga maka energi kita sebenarnya mulai bocor walaupun masih dalam kategori “bocor alus” sedangkan bila kita malu maka bocornya sudah sangat parah.

Emosi yang menyebabkan energi kita bertambah dari yang nambahnya sedikit ke yang nambahnya langsung banyak adalah : netralitas, optimisme, memaafkan, berfikir mendalam, cinta (rasa hormat), suka cita ( tenang & hening), kedamaian, pencerahan.

Disamping itu ada kondisi dinama level energi kita netral alias tidak nambah tidak berkurang yaitu pada emosi berani (tetapi menurut saya emosi ini sudah mulai menambah enegi walaupun sedikit).

Penjelasan detail bisa Anda baca di buku karya Adi W. Gunawan berjudul : 5 Principles To Turn Your Dreams Into Reality”.

Orang yang sakit sakitan mempunyai level energi total yang negatif. Hal itu terjadi karena sepanjang hidupnya banyak sekali menjalankan emosi-emosi negatif yang notabene akan membuat energinya selalu bocor. ( coba amati diri Anda sendiri dan amati juga orang disekeliling Anda ).

Oke saat ini mari kita ber-eksperimen. Coba amati hidup Anda kemarin mulai dari bangun tidur hingga malam hari. Dari bangun tidur, emosi kita masih biasa saja kemudian kita mungkin nonton tv sebentar, banyak informasi di tv yang menyebabkan emosi negatif kita muncul seperti berita amuk masa karena jagoan pilkadanya kalah, tawuran antara kampung, copet yang digebugi, penggusuran tanpa belas kasihan, banjir, orang sakit yang tidak punya biaya, berita koruptor yang masih bisa cengengesan, dll. Setelah itu kita berangkat ke kantor menggunakan kendaraan umum, motor ataukan mobil. Di jalan akan banyak kejadian yang mempengaruhi emosi kita mulai dari orang yang ngeselin di kendaraan umum, disalip motor lain, atau pengendaran lain yang tidak tahu aturan. Kalo emosi negatif kita muncul maka ...bocor lagi energi kita. Sampai kantor pekerjaan yang menumpuk di meja kita, bos/anak buah yang ngeselin, customer yang marah-marah / complain dan lain-lain yang membuat kita cukup stress.. emosi lagi...bocor lagi dah energi kita. Dan seterusnya hingga kita kembali lagi sampai dirumah di sore/malam hari. Di rumah masih ada anak, pasangan, orang tua, kakak/adik atau saudara yang akan membuat energi kita bisa naik bisa juga turun.

Setelah semua itu terjadi coba Anda rasakan stamina Anda. Capek atau masih segar? Saya yakin saat ini Anda sudah tahu apakah hari itu kalau di total Anda mengalami surplus atau defisit energi? (bayangkan baterai hp.. charging atau flashing energi?). You know lah I mean......

Trus hubungannya dengan nGeblog?....
Ya jelas kalo Anda ngeblognya memanfaatkan waktu selepas kerja maka malam itu Anda sudah capek sekali sehingga Anda akan malas sekali dan akan menunda dan menunda lagi menunggu waktu yang tak pernah ada sampai tiba-tiba tanpa terasa sudah 1 tahun Anda tidak melakukan apapun untuk memulai bisnis Internet Marketing.

Saya minta saat ini Anda mulai menjalankan hidup Anda dari pagi sampai malam dengan menjaga emosi Anda ( lihat daftar emosi negatif & positif di atas) dan tolong sampaikan hasilnya dalam kotak komentar di bawah ini.

Oke...selamat mencoba.......

0 comments:

Post a Comment

Add to Technorati Favorites

Recent Comment

Recent Post

  © Blogger template 'Perfection' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP