Friday, October 31, 2008

2. Kenali Diri (Persiapan bagian 1)

Ada orang bilang “langkah awal adalah setengah dari keberhasilan”. Dalam hal ini saya setuju sekali. Bila kita sudah berhasil melangkah dan sukses pada hambatan pertama maka selanjutnya akan dirasa lebih mudah. Mungkin inilah yang disebut dengan momentum. Ketika Anda memutuskan untuk memulai belajar IM, apa sebenarnya yang ada dibenak Anda? Saya sudah menceritakan apa yang saya rasakan ketika saya memulai mempelajari bisnis IM ini tahap demi tahap dalam artikel saya sebelum ini. Setelah saya merubah target dan setelah saya bisa memahami arti sebuah proses belajar maka langkah yang saya lakukan adalah mempersiapkan diri untuk mulai langkah baru di dunia IM. Sebenarnya yang saya lakukan bukan persiapan dalam arti yang dilakukan sebelum melakukan sesuatu, mungkin lebih tepat disebut penataan kembali karena saya pernah melakukannya tetapi dengan cara yang salah. Oke tanpa berpanjang kata kita mulai saja yaitu :

2.1 Persiapan Mental

2.1.1 Persiapan mental yang pertama adalah pengenalan personality diri. Dalam bukunya “Personality Plus” Florence Littauer menyampaikan bahwa manusia dibagi menjadi 4 personality yaitu

  • Sanguinis
  • Melankolis
  • Koleris
  • Phlegmatis

Mengapa saya perlu menyampaikan hal ini karena saya sendiri adalah orang Phlegmatis. Kabar gembira buat orang Phlegmatis mungkin (mungkin lho ya..) pengalaman kita akan sama tetapi kabar gembira juga buat yang non Phlegmatis karena Anda akan bisa menuliskan pengalaman Anda sendiri yang mungkin berbeda dengan pengalaman saya. (Para Guru Marketing bilang “niche market” atau “blue ocean strategy” hehe,......).

  • Phlegmatis yang Damai : Introvert, Pengamat, Pesimis
Rendah hati, Tenang tapi cerdas, Tidak tergesa-gesa, Menghindari konflik, Bisa mengambil yang baik dari yang buruk

  • Koleris yang Kuat : Ekstrovert, Pelaku, Optimis
Dinamis dan aktif, Tidak mudah patah semangat, Berorientasi target, Unggul dalam keadaan darurat.

  • Melankolis yang Sempurna : Introvert, Pemikir, Pesimis
Analitis, Serius dan Tekun, Idealis, Menghargai keindahan, Perfeksionis, standar tinggi, Berorientasi target

  • Sanguinis yang Populer : Ekstrovert, Membicara, Optimis
Kepribadian yang menarik, suka bicara, Emosional, Ekspresif, Periang dan Penuh Semangat, Punya energi dan antusiasme, Suka dipuji, Suka kegiatan spontan

What next ?
Setelah Anda mengetahui personality Anda maka dengan mudah akan akan bisa menutup kekurangan yang ada sehingga dalam menjalankan bisnis IM akan lebih mudah. Contoh saya yang Phlegmatis tenang artinya kurang punya energi untuk mengejar target (dibanding Melankolis) jadi saya benar benar harus bisa mengatur mood agar tidak pernah drop, salah satu cara saya adalah dengan selalu memunculkan target-target jangka pendek.

0 comments:

Post a Comment

Add to Technorati Favorites

Recent Comment

Recent Post

  © Blogger template 'Perfection' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP