Tuesday, October 21, 2008

Daftar Isi : Panduan Membuat Blog ( bagian 2 )

2. Persiapan
Ada orang bilang “langkah awal adalah setengah dari keberhasilan”. Dalam hal ini saya setuju sekali. Bila kita sudah berhasil melangkah dan sukses pada hambatan pertama maka selanjutnya akan dirasa lebih mudah. Mungkin inilah yang disebut dengan momentum. Ketika Anda memutuskan untuk memulai belajar IM, apa sebenarnya yang ada dibenak Anda? Saya akan cerita apa yang ada dibenak saya waktu itu, mengapa saya gagal pada langkah awal saya waktu itu, dst. Oleh karena itu saya membuat sebuah persiapan yang mungkin jarang dibahas secara rinci dalam blog-blog lain. Bagaikan kita akan memutuskan untuk melakukan perjalanan panjang maka kita perlu bekal, bukan saat itu memutuskan saat itu juga langsung jalan, bisa-bisa kita berjalan tanpa bekal dan akhirnya mutung alias putus asa.
2.1 Persiapan Mental
2.1.1 Mengenali diri sendiri adalah langkah penting untuk meningkatkan kemampuan kita pada sektor apapun. Mulai dari mengenali personality kita (sanguin, plegmatis, melankolis & koleris), mengenali level energi kita sampai dengan mengenali emosi / kata hati / self talk / kondisi psikologis / stamina kita.
2.1.2 Kumpulkan hal-hal yang memotivasi kita dari luar seperti misalnya kelebihan IM dibanding dengan bisnis konvensional seperti buka wartel, warnet, kios pulsa dll. Juga dicari kelebihan lain seperti waktu & tempat yang flexible, bisa dilakukan Ibu Rumah Tangga sambil mengurus anak dirumah, dll.
2.1.3 Kenali juga hal-hal yang mungkin akan menghambat kita seperti misalnya rasa malas atau pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul ditengah jalan seperti apakah cocok dengan saya? Apakah saya mampu ? dll.
2.2 Persiapan Target
Kata para guru marketing target adalah salah satu pemicu / penyemangat keberhasilan, kalau diterapkan dalam IM ini benarkan ? Target yang seperti apa ? Bukankah IM adalah bisnis “self motivation” alias memotivasi diri sendiri karena tidak ada bos ?
2.2.1 Pembuatan target penghasilan ($1, $10, $100, $1000 dst) tuliskan dan lupakanlah! Lho kok ?
2.2.2 Pembuatan target penampilan (studi kasus pada pembuatan blog ini) jalankan dan nikmati emosinya.
2.2.3 Target terkecil. Bagaimana cara makan seekor gajah? Potonglah gajah menjadi potongan kecil-kecil sebesar potongan yang mampu kita telan dan makanlah potongan itu satu persatu. Nikmatilah rasa puasnya.
2.3 Persiapan Infrastrukur
Komputer/laptop dan jaringan internet mutlak dalam hal ini,jangan lupa siapkan buku dan ballpoint.

0 comments:

Post a Comment

Add to Technorati Favorites

Recent Comment

Recent Post

  © Blogger template 'Perfection' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP