Friday, October 24, 2008

1.2 Bagaimana Blog Menghasilkan Uang Untuk Kita?

Pertama kali saya tidak percaya ketika ada informasi bahwa dunia internet bisa menghasilkan uang buat kita. Secara umum hampir semua orang pada awalnya tidak percaya dan setelah itu ada yang penasaran dan terus mencari info tetapi ada yang berprasangka buruk, takut salah, takut kena virus, takut kena jebakan maka dia menutup diri dari informasi itu. Saya termasuk tipe yang pertama. Kalau saran saya kepada Anda sebaiknya cari tahu terus tapi tetap waspada dan hati-hati. Setahu saya bisnis didunia internet itu sangat jujur dan sportif asal kita bisa memilih partner yang bonafit dan terpercaya maka tidak usah kuatir. (saya sendiri pernah melakukan transaksi menggunakan kartu kredit dengan para penyedia jasa di dunia internasional ( Amerika ) dan sejauh ini aman aman saja. Saya juga pernah menerima cek sebesar US$ 193 dari partner saya di Amerika yang dikirim lewat pos biasa dan benar-benar bisa saya cairkan di bank niaga.

Uang US$193 ini saya peroleh dari bisnis cara cepat yang diajarkan oleh Guru IM. Saya tidak menyarankan Anda menjalankannya paling tidak untuk saat ini. Dalam IM ada istilah cara cepat dan cara lambat dan di blog ini akan saya jelaskan cara lambatnya saja. Bisnis cara cepat biasanya cepat datang cepat hilang sedang cara lambat biar lambat tapi fondasi kuat.

Dalam bukunya, Adam Pahlevi Baihaqi berjudul “Monetizing” Your Blogger Now! Menyebutkan 8 orang berpenghasilan besar dari blog dan khususnya “hanya” dari 1 bidang bisnis saja yaitu “Google Adsense”. Mereka adalah :
 Markus Fried ($300.000/bulan) dari www.PlentyOfFish.com
 Kevin Rose ($250.000/bulan) dari www.digg.com
 Jeremy Shoemaker ($1400.000/bulan) dari www.shoemoney.com
 Jason Calacanis ($120.000/bulan) dari www.weblog.com
 David Miles Jr & Kato Leonard ($100.000/bulan) dari www.freeweblayouts.net
 Tim Carter ($30.000/bulan) dari www.askthebuilder.com
 Joel Comm ($24.000bulan) dari www.adsense-secrets.com
 Shawn Hogan ($10.000/bulan) dari www.digitapoint.com

Yang perlu Anda perhatikan dari informasi diatas adalah :
 Penghasilan itu hanya diperoleh dari 1 blog (website) saja
 Penghasilan itu hanya diperoleh dari 1 model bisnis saja yaitu Google Adsense
Padalah di dunia maya ada buanyak sekali model bisnis yang bisa menghasilkan uang untuk kita, bisa puluhan bahkan saat ini bisa ratusan model bisnis.
Sebagian blogger sangat berkonsentasi membangun 1 blog dengan serius agar bisa menghasilkan uang tetapi ada juga yang memakai strategi “seandainya 1 blog bisa menghasilkan $2/hari (menurut seorang Guru IM, nilai itu gampang dicapai bila sudah biasa) sehingga mendapatkan $60/bulan maka buat saja 10 blog serupa maka penghasilan kita menjadi $600/bulan, lumayan bukan. Hal itu sangat mungkin dilakukan karena setelah 1 blog kita bangun dan sudah menghasilkan uang secara rutin maka bisa kita otomatisasikan agar bekerja sendiri sehingga waktu kita bisa dikonsentrasikan untuk membangun blog ke 2, 3, 4, 5 dst”.
Bagaimana dengan blogger dari Indonesia, tidak ada informasi pasti yang saya peroleh tetapi dari www.cosaaranda.com pernah pemuat artikel yang bisa sedikit menunjukkan bahwa sudah banyak orang Indonesia mempunyai penghasilan $ 4 s/d 5 digit, Jadi hitung aja sendiri.
Proses menghasilkan uang dari blog bisa dibilang gampang-gampang susah namun yang jelas membutuhkan waktu, kesabaran dan ketelatenan yang tinggi. Tahapan-tahapan itu adalah :
 Membangun sebuah blog & membuat penawaran (iklan)
 Mempromosikan untuk mendatangkan pengunjung / traffic
 Mulai menghasilkan uang
Sepintas cukup sederhana tetapi apabila tiap-tiap tahap itu dirinci bisa menghasilkan puluhan bahkan ratusan langkah-langkah kecil. Untuk itu perlu strategi khusus agar kita tidak bosan dan patah semangat ditengah jalan karena saat-saat yang berat adalah saat-saat belum menghasilkan $. Pada Artikel-artikel saya selanjutnya akan saya sampaikan mengapa saya bosan dan pernah patah semangat dan mengapa saat ini saya bisa bangkit lagi, Nantikanlah!.
Isi / content dalam sebuah blog mempunyai tugas masing-masing, secara umum :
 “Artikel yang menarik” untuk menarik pengunjung datang berkunjung
 “Petunjuk isi blog” untuk memandu pengunjung menjelajahi blog kita
 “Tempat mencari teman (traffic)” agar pengunjung lebih betah untuk datang lagi
 “Informasi performance blog” untuk menunjukkan prestasi blog kita
 “Penawaran / iklan” untuk mendatangkan penghasilan bagi kita
Tentu saja tidak semua blog berisi poin-poin tersebut jadi silahkan Anda amati blog-blog yang ada dan Anda simpulkan sendiri. Detail dari isi sebuah blog (contoh blog saya ini) dan cara memasangnya akan saya sampaikan pada artikel-artikel saya selanjutnya. Bersambung……..


1 comments:

Awan said...

Tes tes tes

Post a Comment

Add to Technorati Favorites

Recent Comment

Recent Post

  © Blogger template 'Perfection' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP