Sunday, November 30, 2008

2.1.4 Kesalahan Dalam Menjalankan Bisnis Internet Marketing

Setelah saya kemukakan kelebihan bisnis Internet Marketing maka saatnya saya sampaikan kesalahan yang biasa dilakukan para Pembelajar bisnis Internet Marketing. Hal ini saya tulis dari pengalaman saya sendiri yang beberapa kali putus asa dan bangkit lagi. Kesalahan yang sering dilakukan para pembelajar bisnis Internet Marketing adalah :

  1. Terlalu Bersemangat. Lho kok terlalu bersemangat tidak boleh sih ? Bukan terlalu bersemangat yang merupakan kesalahan tetapi orang yang sedang belajar bisnis Internet Marketing bila terlalu bersemangat maka akan ada semacam eforia, clik sana clik sini. Dowload sana download sini, kumpulin ebook gratis di sana dan di sini. Akhirnya tidak ada waktu untuk memulai bisnis yang sebenarnya. Biasa para guru menyebutkan Information Overload.
  2. Ingin Cepat Mendapatkan Hasil. Bagi pemula seperti saya mendapatkan hasil ( $ ) adalah tujuan utama untuk belajar bisnis IM. Bila hal itu tidak diimbangi informasi yang benar maka kadang hal itu bisa mematahkan semangat karena merasa sudah berusaha tetapi kok belum mendapatkan hasil juga. Padahal yang dibutuhkan adalah harus tekun dan fokus baru bisa menghasilkan hasil seperti yang diinginkan.
  3. Tidak Fokus. Saking banyaknya informasi di depan mata maka akhirnya sulit sekali untuk fokus. Saat inipun kadang saya masih sering mengalami hal itu. Banyak sekali yang ingin dibaca, dipelajari dan dipraktekkan sehingga semuanya serba nanggung dan akhirnya butuh waktu yang lama untuk bisa mencapai target.
  4. Tidak Mau Praktek. Sering pemula seperti saya hanya baca, baca dan baca. “Nanti aja ah prakteknya” biasanya seperti itulah saya berkilah. Akibatnya saya tidak pernah juga mencoba / mempraktekkan apa yang sudah saya baca itu. Akhirnya bisa ditebak, hasil tidak diperoleh lama-lama frustasi.
  5. Salah memahami jurus ATM. Jurus ATM atau Amati Tiru dan Modifikasi adalah jurus yang sangat ampuh di dunia bisnis IM. Tapi kadang memakan korban juga bila kita tidak siap dengan jurus itu. Mengapa? Ya,... karena ketika kita sedang meng-AMATI website orang lain (untuk selanjutnya ditiru) kadang saya merasa terlalu sulit membuat seperti itu atau malah tidak tahu harus dari mana saya harus memulai untuk membuat website seperti itu. Akibatnya bisa ditebak, kembali frustasi dan putus asa.
  6. Menganggap bisnis Internet Marketing hanya Selingan. Sikap yang benar dibutuhkan ketika kita memutuskan untuk belajar bisnis Internet Marketing ini. Biasanya kita mengawali dengan coba-coba. Dari situ bisa ditebak apabila kita mengalami sedikit kendala saja maka akhirnya malaslah yang akan segera datang. Sebenarnya yang dibutuhkan adalah memutuskan untuk serius dan menganggap bahwa proses yang harus dijalani adalah sebuah investasi bisnis. Anggap seperti misalnya kita sedang membukan bisnis rumah makan atau wartel. Dalam hal ini pasti kita akan sangat serius, full effort dan berusaha mati-matian karena sudah banyak uang yang diinvestasikan pada bisnis ini. Sedangkan di bisnis IM karena modal relatif sedikit sehingga kadang kita malah tidak serius.
  7. Tidak Punya Partner atau Pembimbing. Punya partner atau pembimbing sangat penting dalam belajar bisnis IM ini karena bila suatu saat kita mengalami kesulitan maka kita bisa bertanya atau berdiskusi untuk mencari jawaban. Bila tidak ada ? Bila tidak ada partner / pembimbing bisa mentok dan lagi lagi males buanget.

2 comments:

Anonymoussaid...

kok sepi
pengalamannya sama bos ...

Mobile App Developers said...

Blogging is the new poetry. I find it wonderful and amazing in many ways.

Post a Comment

Add to Technorati Favorites

Recent Comment

Recent Post

  © Blogger template 'Perfection' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP